Wahabi Saudi Gunakan Al-Qaeda Untuk Hancurkan Kuburan Habaib di Yaman dan membunuh ulama sufi suni (oct 2015)

MUKALLAH, Arrahmahnews.com – Kelompok teroris al-Qaeda yang didukung oleh Arab Saudi, melakukan penghancuran kubah-kubah dan makam-makam para habaib di daerah Barum dan al-Hijlah. Salah satunya adalah penghancuran makam seorang sufi di barat kota Mukalla, ibukota Provinsi Hadhramaut. (Baca juga: Wahabi Mulai Hancurkan Kubah Habaib di Mukalla)

Situs berita Middle East Online (29/9/2015) melaporkan bahwa kelompok teroris al-Qaeda menghancurkan kubah dan makam para habaib di daerah Barum dan al-Hijlah, salah satunya adalah penghancuran kubah dan makam Sheikh Muzahim seorang ulama sufi abad kedelapan (817 Hijriah). (Baca juga: Breaking News : Wahabi al-Qaeda Hancurkan Makam Habib Syatiri al-Alawi di Ma’la Yaman)

Menurut keterangan saksi mata, kelompok al-Qaeda menghancurkan kubah dan makam dengan linggis dan palu besar.

Kelompok teroris ISIS beberapa hari sebelumnya juga menghancurkan makam-makam habaib, tokoh-tokoh agama, penguasa dan ulama-ulama sufi di Hadhramaut yang berumur beberapa abad yang lalu.

Kelompok teroris al-Qaeda dalam pernyataannya juga mengancam akan terus melakukan penghancuran makam-makam dan kubah-kubah, serta membersihkan provinsi Hadhramaut dari kesyirikan.

Kelompok ala-Qaeda dengan dukungan Arab Saudi pada bulan Maret lalu juga menghancurkan makam Aly Bawazir di kota Ghil Bawazir, Timur Mukalla.

Pada 15 Juni, mereka juga telah menyerang kelompok sufi dalam sebuah majlis di kota Mukalla, dan mengancam kelompok sufi itu dengan pembunuhan jika masih mengulangi acara tersebut. (Baca juga: Al-Qaeda Ledakkan Kubah Habib Umar bin Ali Assegaf di Lahij, Yaman)

Pada 2 July, mereka juga telah berhasil merobohan makam dan kubah Habib Ahmad bin Shalih bin Syekh Abu Bakar bin Salim di daerah Syihr di Mukalla. Selain itu mereka melarang masyarakat untuk mendekati bangunan-bangunan seperti kubah-kubah, masjid, makam para wali dan mereka telah menetapkan untuk merobohkan bangunan-bangunan tersebut setelah menyegelnya.

Pada 4 September, al-Qaeda kembali menghancurkan makam keramat berumur 300 tahun, Habib al-Shatri al-Alawi di Hayyil Ma’la, Provinsi Aden. (Baca juga: 5 Strategi Kaum Radikal)

Pada 8 Agustus, al-Qaeda dan tentara bayaran Saudi juga meledakkan kubah masjid bersejarah Habib Umar bin Ali Assegaf di daerah al-Waht di perbatasan Provinsi Lahij.

Kelihatanya perang di Yaman akan membawa efek buruk di masa depan terutama dikhawatirkan akan meluas ke kota sejuta wali (Hadhramaut). (ARN/MEO/SABA)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: