Boko Haram (Wahabi Arab Saudi di Nigeria) bunuh Ulama Muslim Nigeria Ibrahim Birkuti

Boko Haram (Wahabi Arab Saudi di Nigeria) bunuh Ulama Muslim Nigeria Ibrahim Birkuti
Rabu, 08/06/2011 08:47 WIB

Seorang pria bersenjata diyakini dari kelompok Boko Haram menembak mati seorang ulama terkemuka Ibrahim Birkuti di Nigeria utara.

Ibrahim Birkuti mengkritik Boko Haram karena membunuh puluhan agen keamanan dan politisi dalam beberapa bulan terakhir di dekat kota Maiduguri.

Birkuti berasal dari kelompok berpaham Wahabbi Arab Saudi, yang telah mendapatkan wilayah di utara terutama di kalangan Muslim Nigeria dalam beberapa tahun terakhir.

Dia salah seorang ulama yang paling menonjol dalam mengkritik Boko Haram di negara bagian Borno, yang Maiduguri sebagai ibukotanya.

Seorang jurubicara kepolisian mengatakan kepada BBC Birkuti terbunuh di luar rumahnya di kota Biu, sekitar 200km selatan Maiduguri.

“Seorang pria bersenjata mengendarai sepeda motor berhenti di luar rumah dan mengeluarkan pistol dari balik kemejanya dan menembaknya dua kali dalam jarak dekat sebelum melarikan diri,” kata Babagana Hanafi, tetangga Birkuti mengatakan kepada kantor berita AFP.

Seperti sebagian besar korban lainnya, ia ditembak mati oleh seorang pria yang mengendarai sepeda motor, saksi mata mengatakan.

Ratusan pendukung Boko Haram banyak yang tewas dalam pemberontakan tahun 2009 lalu. Mereka menyerang kantor polisi di Maiduguri tetapi pemimpin mereka berhasil dikalahkan dan dibunuh.

Boko Haram atau Kampanye melawan pendidikan Barat dan juga dikenal secara lokal sebagai Taliban.

Pekan lalu, Boko Haram mengatakan kepada BBC bahwa mereka telah melakukan serangkaian pemboman setelah pelantikan Presiden Goodluck Jonathan pekan lalu.

Seorang juru bicara Boko Haram menyatakan mereka bertanggung jawab atas pembunuhan saudara dari Shehu dari Borno, salah satu pemimpin Islam yang paling penting di Nigeria.(fq/bbc)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: