Perhiasan Untuk Laki-Laki (Hukum emas – perak – cincin – emas putih etc)

Perhiasan Untuk Laki-Laki

cincin berlianAssalamu’alaikum.wr.wb
ana mau tnya apa hukumnx seorng pria memakai perhiasan (khususnx cincin yg terbuat dari emas putih)
terima kasih…

FORSAN SALAF menjawab :

Perhiasan wanita (seperti kalung, anting-anting) haram bagi laki-laki secara mutlak (dari emas atau bukan)  karena tasyabbuh (penyerupaan), kecuali cincin perak, disunnahkan bagi laki-laki dengan syarat tidak mencapai satu mitsqol ( 4 gram). Adapun cincin emas, maka haram, atau cincin perak yang mencapai satu mitsqol dan sudah menjadi ‘urf di daerah itu sebagai isrof, maka haram juga.

Posisi cincin perak disunnahkan di jari kelingking kanan atau kiri.

Emas putih hanya istilah masyarakat Indonesia saja, sebenarnya itu adalah platinum, sehingga dalam hukum tidak berlaku hukum emas. Oleh karena itu, diperbolehkan menggunakan cincin yang terbuat dari platinum.

المنهج القويم شرح المقدمة الحضرمية للهيتمي – (1 / 221(

ولا اتخاذه بلا لبس و حل لمن مر الجلوس عليه فوق حائل فرش عليه ولو خفيفا مهلهل النسج لأنه لا يسمى في العرف مستعملا له ويحرم على الرجل والخنثى المزعفر والمعصفر كما في الروضة وغيرها من تصويب البيهقي وأطال فيه وألحق جمع المورس بالمزعفر لكن ظاهر كلام الأكثرين حله ويحرم على الرجل وغيره استعمال جلد الفهد والنمر ويسن التختم بالفضة للرجل ولو لغير ذي منصب للاتباع والأولى أن يكون دون مثقال فإن بلغ مثقالا وعده العرف إسرافا حرم وإلا فلا على الأوجه وخبر فلا يبلغه مثقالا ضعيف وإن حسنه بعض المتأخرين ويسن كونه في الخنصر اليمنى أو اليسرى للاتباع و لكن اليمنى أفضل لأن حديث لبسه فيها أصح كما قاله البخاري ويكره لبسه في غير الخنصر وقيل يحرم واعتمده الأذرعي ويجوز لبسه فيهما معا وبفص وبدونه وجعله في باطن الكف أفضل ونقشه ولو بذكر ولا يكره ويكره تنزيها للرجل لبس فوق خاتمين وللمرأة لبس أكثر من خلخالين ويجوز التختم بنحو الحديد والنحاس والرصاص بلا كراهة وخبر مالي أرى عليك حلية أهل النار لرجل وجده لابسا خاتم حديد ضعيف لكن حسنه بعضهم فالأولى ترك ذلك والسنة في الثوب والأزار للرجل أن يكون إلى نصف الساقين ويجوز بلا كراهة إلى الكعبين وفي العذبة أن تكون بين الكتفين وفي الكم أن يكون إلى الرسغ وهو المفصل بين الكف والساعد ويكره نزول ذلك عما ذكره ومنه نزول الثوب أو الأزار من الكعبين أي عنهما ويحرم نزول ذلك كله عما ذكر فيه للخيلاء أي بقصده للوعيد الشديد الوارد فيه

الاقناع في حل ألفاظ أبي شجاع – (1 / 316(

يحرم على الرجال ومثلهم الخناثى التختم بالذهب لخبر أبي داود بإسناد صحيح أنه صلى الله عليه وسلم أخذ في يمينه قطعة حرير وفي شماله قطعة ذهب وقال هذان أي استعمالهما حرام على ذكور أمتي حل لإناثهم وألحق بالذكور الخناثى احتياطا واحترز بالتختم عن اتخاذ أنف أو أنملة أو سن فإنه لا يحرم اتخاذها من ذهب على مقطوعها وإن أمكن اتخاذها من الفضة ويحل للنساء لبس الحرير واستعماله بفرش أو غيره والتختم بالذهب والتحلي به للحديث المار ويسير الذهب وكثيره في حكم التحريم على من حرم عليه سواء بلا فرق وإذا كان بعض الثوب إبريسيما وهو بكسر الهمزة وبفتح الراء وفتحهما وكسر الراء ثلاث لغات الحرير وبعضه قطنا أو كتانا جاز لبسه ما لم يكن الإبريسم غالبا فإنه يحرم تغليبا للأكثر بخلاف ما أكثره من غيره والمستوى منهما لأن كلا منهما لا يسمى ثوب حرير والأصل الحل وتغليبا للأكثر في الأولى وللولي إلباس ما ذكر من الحرير

// http://www.forsansalaf.com/2010/perhiasan-untuk-laki-laki/

About these ads

2 Responses

  1. Assalammualaikum wr wb. maaf, mau tanya bagaimana hukum tentang memasang gigi secara permanent/ditanam? Wassalammualaikum wr wb.

    • Jawaban admin :
      ba’da tahmid dan salam

      menganai masalah gigi:

      1. Jika ada kebutuhan untuk meratakan gigi semisal susunan gigi nampak jelek (atau gigi dirahang bawah bertumpuk atau gigi dirahang atas bertumpuk shg gigi bisa maju ke depan) sehingga perlu diratakan maka hukumnya tidak mengapa (baca:mubah). biasanya dengan kawat besi.

      2, Akan tetapi jika tidak ada kebutuhan untuk mengotak-atik gigi maka mengubah ubah bentuk gigi hukumnya tidak boleh.
      Bahkan terdapat larangan meruncingkan dan mengikir gigi agar nampak indah. Terdapat ancaman keras atas tindakan ini karena hal ini adalah suatu yang sia-sia dan termasuk mengubah ciptaan Allah.

      3. mengotak-atik/merubah ubah gigi dengan tujuan pengobatan, menghilangkan penampilan gigi yang jelek atau ada keperluan yang lain semisal seorang itu tidak bisa makan dengan baik kecuali jika susunan gigi diperbaiki dan ditata ulang maka hal tersebut hukumnya tidak mengapa.

      4. mencabut / menghilangkan gigi yang ‘berlebih’ karena keberadaan gigi tersebut merusak penampilan orang tersebut maka dibolehkan atau mengganggu kesehatan (mungkin gigi tersebut belubang dsb).

      5. Menambal/menampol gigi berlubang dengan benda yang tak najis (seperti bukan dari tulang babi etc) karena masalah kesehatan (jika tidak ditambal akan sakit gigi dsb) maka itu juga dibolehkan.

      6. shalat atau berwudhu dengan menggunakan kawat gigi, sah hukumnya, karena tak menghalangi sampainya air ke anggota wudhu yg wajib, sebagaimana tersebutdibawah ini :
      cara wudhu yg benar dan sah, saya sebutkan yg fardhu saja, jika dengan sunnahnya sangat banyak.
      1. niat saat membasuh muka yaitu mulai dari ujung pipi yg tersambung pd telinga kiri dan kanan, dan mulai ujung dahi atas tempat awal tumbuhnya rambut sampai bawah dagu. wajibnya adalah 1x, sunnahnya 3x.
      2. membasuh tangan kanan lalu kiri dari ujung jari hingga siku, sunnahnya dilebihkan sedikit diatas siku 1x sunnahnya 3x
      3. membasuh kepala 1x walau hanya beberapa helai rambut, sunnahnya seluruh rambut.
      4. membasuh kedua kaki mulai mata kaki hingga ujung kaki.1x sunnahnya 3x.
      5. tertib, yaitu mengikuti aturannya dan jangan mendahlukan suatu anggota tubuh kecuali menurut urutan diatas.

      wallahu a’lam

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 402 other followers

%d bloggers like this: